Visi dan Misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi FKIP UNSYIAH

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

VISI

PS Pendidikan Ekonomi (PS Pendidikan Ekonomi) adalahorganisasi pendidikan yang unggul dalam menghasilkan calon guru Ekonomi dan Akuntansi yang berkarakter, mandiri, dan islami serta dapat bersaing tingkat lokal dan nasional.

PS Pendidikan Ekonomi

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP

Gedung Kampus FKIP Unsyiah, Darussalam Banda Aceh 23111 Banda Aceh 23111, Aceh-Indonesia

Phone  : (0651) 7412657

Fax      : (0651) 7551407

http:// Pendidikan.ekonomi.unsyiah@gmail.com

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran PS Pendidikan Ekonomi (PS Pendidikan Ekonomi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dilakukan berdasarkan kebutuhan dan aspirasi dari pemangku kepentingan (stakeholders) dengan memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan lokal, nasional,regional, dan internasional. Penyusunan dilakukan lewat mekanisme partisipasi terbuka lewat sejumlah pertemuan dan lokakarya.

 

Pemangku Kepentingan (Stakeholders) Prodi S1 Pendidikan Ekonomi

 

 

 

Fakultas, Universitas,Pemerintah, Dinas Pendidikan Pendidik dan Penelitian

 

 

 

 

 

 

Prodi S1

Manajemen

(ka. Prodi/Sekrt. Prodi, Ka.

Lab)

 

Pendidikan Ekonomi

 

 

Pendidik & Tenaga Kependidikan (Dosen, Peneliti, Ka. Lab dan Staf dan Karyawan Pendidikan Ekonomi

Mahasiswsa (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi) HIMADIKON

Gambar 1.1. Pemangku Kepentingan (Stakeholders) Prodi S1 Pendidikan Ekonomi.

 

Proses penyusunan melibatkan partisipasi aktif semua stakeholders secara luas dengan cara melibatkan semua dosen PS pendidikan ekonomi. Sebuah tim yang dibentuk PS menjaring masukan dan ide-ide dari semua staf dosen. Tim juga menjaring masukan dari para alumni yang telah bekerja diberbagai sekolah SMP, SMA dan juga SMK, baik yang berstatus guru pendidikan ekonomi/akuntansi ataupun kepala sekolah yang mempunyai latar belakang pendidikan di PS Pendidikan Ekonomi. Dari stakeholders Universitas dan FKIP Unsyiah juga dijaring masukan dan input. Kepada dosen, alumni dan stakeholders disebarkan borang penjaringan visi, misi dan tujuan PS Pendidikan Ekonomi. Kemudian dari borang yang dikumpulkan disusun menjadi sebuah draf yang kemudian dibawa ke rapat PS untuk ditetapkan menjadi Visi, Misi dan Tujuan PS Pendidikan Ekonomi FKIP Unsyiah.

Proses penyusunan memperhatikan masukan dan inspirasi dari pengguna kebutuhan yang dilakukan secara terbuka melalui diskusi dalam pertemuan pertemuan, baik formal maupun nonformal. Proses penyusunan berusaha menampungsemua pandangan dari semua pemangku kepentingan harus didengar agar objektivitas dan kejujuran akademik menjadi pijakan bersama dalam pelaksanaan PS Pendidikan Ekonomi.

MISI

  1. Menghasilkan calon pendidik Ilmu Ekonomi dan Akuntansi yang profesional, bermoral tinggi dan Islami
  2. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi yang memiliki kemampuan berwirausaha
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang relevan dengan yang dibutuhkan masyarakat dan menunjang perkembangan dunia pendidikan
  4. Meningkatkan mutu pengelolaan organisasi yang lebih transparan dan akuntanbel

Pernyataan Visi 2020:

“Menjadikan PS Pendidikan Ekonomi sebagai organisasi pendidikan yang unggul dalam menghasilkan calon guru Ekonomi dan Akuntansi yang berkarakter, mandiri, dan islami serta dapat bersaing tingkat lokal dan nasional”

Visi yang merupakan hasil kesepakatan multi-stakehholders ini cukup jelas dan realistis karena mencantumkan cakupan (scope) bidang keunggulan pendidikan ekonomi baik ke ahlian bidang akuntansi maupun bidang koperasi.

Secara Nasional maupun internasional Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala sudah mulai dikenal dengan adanya sejumlah pertemuan dalam mengikuti seminarmaupun konferensi dalam bidang pendidikan ekonomi maupun dalam bidang pembelajaran.

Hubungan antara Visi PS Pendidikan Ekonomi, Visi FKIP,dan Visi Universitas Syiah Kuala.

Visi PS Pendidikan Ekonomi sejalan dengan visi FKIP dan Universitas Syiah Kuala sesuai dengan tingkatan. Artinya, pemangku kepentingan PS Pendidikan ekonomi berusaha menerjemahkan visi dari tingkat yang lebih tinggi ke dalam Visi PS Pendidikan ekonomi.

Tujuan 

  1. Membekali mahasiswa PS Pendidikan Ekonomi dengan dasar-dasar ilmu ekonomi dan akuntansi, nilai-nilai moral dan nilai-nilai Islami sehingga memiliki bekal yang baik untuk menjadi guru yang profesional di organisasi-organisasi pendidikan
  2. Membekali mahasiswa dengan kompetensi ekonomi, koperasi dan akuntansi, sehingga akan menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, berdaya saing tinggi, adaptif, dan profesional
  3. Meningkatkan penelitian dan pengabdian baik secara kualitas maupun kuantitas untuk kemajuan dunia pendidikan
  4. Meningkatkan sumber daya manusia yang andal dalam pengelolaan organisasi pendidikan sehingga akan terciptanya sistem pengelolaan PS pendidikan ekonomi yang efektif, efisien, transparan dan akuntanbel secara berkelanjutan

Ceritakan tentang diri Anda. Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik. Tulisan ini dapat diedit pada laman Dashboard / Pengguna / Profil Anda.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *